Jumat, 15 Januari 2021

CAra PERAWATAN DRIVE VHAIN DAN DRIVE BELT

 

🤠Tips Perawatan Drive Chain dan Drive Belt

 

Rantai motor adalah komponen penting motor yang sering dianggap sepele oleh banyak orang. Tapi, suka atau tidak, rantai motor itu penting banget! Jadi, yuk kita kenal lebih jauh si rantai motor

Komponen penggerak kendaraan bermotor salah satunya adalah drive chain atau Gir dan rantai. Komponen ini sering kali luput dari perhatian kita dan malah sulit diprediksi kapan harus diganti.

Saat ini memang jenis skuter matic (skutik) yang telah menjamur sudah tidak lagi menggunakan dua komponen ini, karena telah diganti dengan drive belt. Akan tetapi pengguna motor sport dan bebek yang menggunakan Gir plus rantai tetap masih banyak yang berkeliaran.

 

Drive chain and drive gear

2 komponen penting motor: drive chain dan drive gear. Jangan anggap sepele

 

Drive chain: Komponen penggerak penting dalam mesin mobil dan motor

Komponen yang berfungsi sebagai organ penggerak selain gir dalam mesin yang sering kali terabaikan. Ada yang sudah kendor atau mulur, ada yang sudah berisik, ada pula yang sudah aus tapi tetap dibiarkan, bagi mereka yang penting jalan. Jika sampai terjadi putusnya rantai atau rantai terlepas yang menanggung resiko tentu saja si pengendara sendiri.

Sekarang ini memang ada beberapa produsen spareparts aksesori dan aftermarket yang membuat Gir dan rantai yang tidak mudah mengalami keausan, akan tetapi dari segi harga barang orisinil masih lebih terjangkau.

 

Tips merawat drive chain dan drive belt



Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk merawat drive chain, drive belt, tidak lupa beberapa organ penggerak pada mobil juga. Jika tidak dirawat dari sekarang tentunya suatu saat nanti akan menjadi masalah yang mungkin cukup menyulitkan Anda. Atau bahkan memaksa Anda merogoh kantong lebih dalam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada Gir dan rantai kendaraan Anda yaitu:
Ada suatu ciri yang menunjukkan jika Gir telah aus karena bergesekan dengan rantai, secara kasat mata. Jika kita perhatikan bagian ujung Gir terlihat tajam, lalu lekukannya mulai dalam dan berwarna gelap, serta bagian sudut tajam pada Gir mulai tampak tak sama, hal ini menandakan bahwa Gir belakang perlu diganti.


Gunakan standar tengah atau standar 2 pada motor lalu putar roda atau putar gas secara perlahan, jika perputaran roda terlihat tidak stabil atau bagian rantai terlihat kendor kemudian mengencang, artinya kondisi rantai sudah tidak baik. Hal ini dikarenakan sil penghubung antara setiap mata rantai sudah getas atau bagian dalam rantai sudah banyak yang aus.


Kenali juga suara yang tak wajar dan biasanya terdengar sangat kasar pada bagian rantai dan Gir. Suara suara seperti ini dapat dipastikan timbul karena adanya gesekan yang tak wajar. Bisa karena aus bisa juga karena pemasangan yang kurang tepat.

 

Musim hujan harus sering membersihkan rantai motor

Musim hujan harus sering membersihkan rantai motor, supaya rantai motor lebih awet. karena kotoran dapat menyebabkan rantai motor lebih cepat aus

 

Tips Perawatan Gir dan rantai agar awet



Selain memperhatikan masalah pada Gir dan rantai, perawatan juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga agar gir dan rantai bisa tahan lama.

Membersihkan rantai motor sangat penting



Perawatan yang harus sering anda lakukan adalah membersihkan rantai. Membersihkan kotoran pada rantai ini sangatlah penting, apalagi jika musim hujan telah tiba, karena hal ini pastinya akan membawa petaka bagi rantai.

Sebab ketika musim hujan tiba kita cenderung menjadi malas untuk mencuci motor karena beranggapan hal ini akan menjadi percuma saja, sehabis dicuci hujan akan kembali turun.

 

Jangan membersihkan rantai motor dengan bensin atau minyak tanah



Dalam hal membersihkan rantai usahakan tidak menggunakan bensin atau minyak tanah, sebab untuk beberapa jenis rantai terdapat sil atau oring di setiap mata rantai, sedangkan untuk rantai motor bebek atau rantai aftermarket tidak terdapat sil. Kedua jenis cairan ini bersifat korosif, walaupun bersih tapi membuat rantai dan Gir cepat aus dan merusak sil pada mata rantai juga.

 

Jangan membersihkan rantai motor dengan oli bekas



Sebaiknya juga jangan menggunakan oli bekas, sebab kata bekas pastinya punya arti sudah tak layak. Dan oli yang telah dikeluarkan dari dalam mesin banyak mengandung partikel kotoran mesin seperti kotoran kopling atau gram. Dan juga menggunakan oli bekas juga akan lebih rentan terkena partikel debu dan kotoran yang menempel dan membuat Gir dan rantai jadi kotor dan mudah terkikis. Untuk melumasi rantai dengan oli bekas memang lebih hemat, sayangnya Gir dan rantai malah jadi lebih cepat aus.

Ada begitu banyak merk pelumas rantai yang dijual bebas di pasaran, tapi belum tentu semua produk pelumas benar-benar baik untuk Gir dan rantai. Banyak produk pelumas yang dijual dibawah harga Rp 20.000 dan isinya cukup banyak tapi pikiran kembali bagaimana dengan kualitasnya untuk Gir dan rantai Anda? Pilihlah pelumas atau chain lube berkualitas untuk Gir dan rantai Anda.

Motor skutik atau skuter Matik yang merupakan sepeda motor yang mendominasi para pemakai kendaraan roda dua di Indonesia, dikarenakan kemudahannya yang tidak menggunakan persneling membuat kendaraan ini laris manis di pasaran.

 

Motor matic menggunakan V-belt


Sekilas kita melihat motor skutik tidak menggunakan rantai atau drive chain sebagai organ penggerak, motor skutik menggunakan V-Belt untuk menggerakkan roda motor, dimana V-Belt bertugas membuat putaran dari pulley primer ke pulley sekunder.

V-Belt sendiri memiliki lifetime atau usia pakai kurang lebih sekitar 20ribu kilometer. Para pemakai umumnya bisa memprediksi kapan harus melakukan pergantian V-Belt hanya dengan melihat kilometer mesin, tapi tanpa perawatan khusus tidak menjamin V-Belt tidak akan putus sebelum waktunya dan umumnya tidak ada ciri khas atau suara yang menandakan V-Belt akan putus.

Sabuk ini memang tertutup oleh cover CVT, tapi tetap saja perawatan pun harus dilakukan agar usia pakai bertahan lama dan tentunya tidak akan menyulitkan Anda ketika tengah dalam perjalanan.

Membersihkan sabuk CVT pun tergolong mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kuci leter T 8,dan 10, kemudian buka covernya lalu semprot dengan kompresor untuk menghilangkan debu dan kotoran dari antara sabuk, pully, dan covernya. Jika harus memberi pelumas pada belt atau sabuk, pergunakan pelumas khusus untuk belt, jika sembarang memberi pelumas dikhawatirkan akan terjadi slip.

Usahakan untuk selalu membersihkan box CVT dan driven face(bagian yang menjepit V-Belt) ketika anda melewati jalanan yang tergenang air atau banjir dan utamakan untuk membuang air dari box CVT melalui selang pembuangan dan jangan langsung dijalankan. Hal ini dikarenakan air kotor yang masuk bisa membuat driven face jadi berisik dan beresiko membuat V-Belt jadi getas.


Disarankan juga untuk menghindari pemakaian spareparts racing seperti roler, per atau spring CVT, dan usahakan tidak memakai ban dengan ukuran besar, sebab hal ini akan membuat kerja organ penggerak seperti CVT belt jadi lebih berat. Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat, salam otomotif.

Terimakasih 🙏🏼

4 komentar: