Jumat, 15 Januari 2021

CARA MERAWAT RANTAI MOTOR AGAR TETAP AWET DAN AMAN

 

🤠Merawat Rantai Pada Motor Agar Tetap Awet dan Aman

 

Tips bagaimana cara merawat rantai. Langkah terbaik ialah memeriksa kondisi rantai motor apakah terasa kendur atau tidak. Lakukanlah penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak antara 8-11 mm.

 

Cek Kondisi Rutin Kondisi Rantai

Salam pecinta motor,, kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat rantai agar tetap awet dan tahan lama serta nyaman saat dikendarai. Rantai motor yang sering bermasalah sering menyebalkan, tapi jangan khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya. Starting bagaimana merawat rantai agar terhindar dari masalah :

Langkah terbaik ialah memeriksa kondisi rantai motor apakah terasa kendur atau tidak. Lakukanlah penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak antara 8-11 mm. Langkah ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel pinggir jalan, tetapi biar lebih aman lakukan ditempat servis motor yang sudah anda percayai. Jangan biarkan rantai semakin kendur karena akan berbahaya untuk gear motor anda.

 

Cek Pula Kondisi Penutup Rantai

Tips kedua agar rantai agar tetap awet. Mengecek kondisi penutup rantai sangatlah penting. Bila kondisi penutup rantai itu tidak terpasang dengan baik, ini bisa bahaya dan disamping itu juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup tersebut. Penutup rantai sangat berperan dalam merawat rantai agar tetap awet.

 

Gunakan Pelumasan Rantai

Tips ketiga agar rantai tetap awet. Pelumas untuk rantai sangat membantu dalam perawatan rantai. Titik poin yang memang benar-benar penting dalam perawatan rantai yaitu melumasi rantai motor. Mayoritas pengguna motor merasa malas untuk melumasi rantai motor dengan pelumas yang khusus. Bila kita nalar dan kita lihat, rantai butuh biar kelihatan kenceng harusnya diberi pelumas. Hal ini bisa mencegah karat pada rantai juga lho. Karat pada rantai motor anda bisa menimbulkan suara berisik disaat sepeda motor anda berjalan. Melumasi oli motor yang baik pilih oli yang khusus untuk rantai motor.

 

Bersihkan Rantai dan Gear Secara Berkala

Tips keempat merawat rantai. Pembersihan rantai dan gear secara berkala ini penting karena bisa menjaga keawetan rantai motor anda. Membersihkan rantai motor bisa menggunakan cairan khusus, minyak tanah atau bensin. Cara memberishkan rantai motor, bersihkan rantai dengan menggunakan bensin dan kuas, begitu juga dengan gearnya biarkan kering sebentar dan terakhir berikan pelumas. Yaps... jangan malas ya membersihkan rantai motor anda, minimal bisa dibersihkan sebulan sekali.

 

Maksimal Potong Rantai 1 Kali

Tips kelima merawat rantai. Memotong rantai sebaiknya hanya dilakukan 1 kali. Cara yang paling ideal/efisien untuk menghilangkan rantai kendur adalah memotong satu mata rantai. Langkah ini boleh saja dilakuakan dan tidak masalah, namun sebaiknya jangan potong rantai sampai lebih 1 kali. Karena akan membuat gerakan rantai tidak maksimal dan kasihan juga gearnya.

 

Posisikan Sejajar Antara Gear Depan dan Belakang

Tips keenam merawat rantai. Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun bisa mempengaruhi penggunaan rantai motor. Pengaplikasian gear pada motor diharuskan menempel sempurna dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja. Lurusnya posisi antara gear, hal tersebut sangat membantu ratai untuk bergerak secara benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun bisa lebih awet. Penambahan bosh besi pasa besi sumbu roda (as roda) bisa dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua gear.

 

Perhalus Proses Perpindahan Transmisi Saat Akselerasi

Tips ketujuh merawat rantai. Hal ini memang berkaitan dengan gaya berkendara tiap individu, tetapi terlepas dari perbedaan itu, disarankan untuk memperhalus perpindahan transmisi saat akselerasi agar bisa mengurangi hentakan yang terjadi pada rantai dan gear. Dengan terjadinya proses perpindahan transmisi yang halus, berarti juga mengurangi tekanan yang diterima oleh gear dan rantai. Walaupun dianggap wajar karena proses yang terjadi normal adanya, tetapi hal ini sekaligus mengajari kita bagaimana cara berkendara secara profesional. Cara ini bisa dipakai dengan syarat kondisi fungsi kopling yang normal, jadi kita bisa mengoptimalkan hubungan antara kedua bagian motor tersebut. Tips ini harus selalu ada didalam jiwa kita agar kita selalu menggunakan motor dengan baik dan benar, jangan sampai kita urak-urakan dalam mengendarai motor.

 

Penggunaan Sparepart Orisinil dan Berkualitas

Tips kedelapan dalam merawat rantai motor. Ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomor satu dan orisinil. Untuk mendapatkan kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan sparepart pabrikan yang memang dibuat sesuai sesuai dengan motornya. Tetapi bukan berarti barang kw atau imitasi tidak bisa kita gunakan secara maksimal. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sparepart berkualitas dengan biaya yang minim. Dengan membeli set gear secara terpisah, ataupun memberikan lapisan tambahan baja (sepuh baja) pada gear yang bisa kita dapatkan dari pandai besi kedua hal itu ditujukan agar kemampuan barang imitasi mampu menyamai kualitas barang orisinil. Guys,, jangan takut untuk mengeluarkan duit lebih dalam membeli sparepart motor kesayangan anda, barang yang berkualitas akan memberikan hasil yang maksimal. Kalaupun anda belum memiliki modal dalam membeli sparepart motor yang orisinil maka harus pintar mengakalinya agar mendapatkan kualitas sama dengan orisinilnya.

 

Hal-hal yang Dapat Merusak Rantai

Pada sharing kali ini camargus akan memberikan pengetahuan hal-hal apa saja yang dapat merusak rantai motor. Hal-hal yang merusak rantai motor antara lain, pengendara sering melakukan pengereman mendadak dan akselerasi yang tidak stabil, rantai sepeda motor anda terlalu kering. Oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur, rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai, sproket atau gir yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor, dan terakhir motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat. Perhatikan selalu hal-hal yang dapat merusak rantai, jangan bermalasan dalam mengurus rantai motor anda. Selalu semangat dalam menjaga performa motor kesayangan anda.

 

Yah... mungkin ini saja yang dapat kami share untuk bagi para pecinta motor untuk merawat rantai pada motor kesayangan anda. Tetap taat dalam menjaga kondisi motor agar terhindar dari performa motor yang jelek. Jangan pernah berhenti dalam belajar, apalagi bagi pecinta motor jangan mau ketinggalan dalam mempelajari seluk beluk motor agar tidak salah dalam menjaga setiap komponen motor. Mencari solusi agar dapat mengakali setiap kerusakan yang terjadi pada motor anda.... salam otomotif.

Terimakasih🙏🏼

 

 

 

 

2 komentar: